Kelebihan dan Kekurangan Honda Grand Civic

Kelebihan dan Kekurangan Honda Grand Civic - Honda Grand Civic adalah mobil generasi ke empat mobil sedan yang dibuat pada tahun 1988 di Jepang. Honda Grand Civic masuk ke Indonesia dengan dua tipe, yang pertama Honda Grand Civic versi facelift dan kedua non facelift (civic LX). Pembuatan Honda Grand Civic sendiri tidak begitu lama, hanya beberapa tahun saja, sehingga jika sekarang anda ingin membeli jenis mobil ini , pastinya adalah mobil seken atau bekas yang didapat.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Grand Civic

Untuk masalah harga, anda cukup mengeluarkan dana sekitar 30 – 35 jutaan saja jika ingin mendapatkan tipe Civix LX. Sementara Grand Civic keluaran tahun 1990an masuk di sekitaran harga 40 jutaan, sedangkan untuk yang menggunakan transmisi matic, bisa dibilang cukup langka, dan harganya bisa lebih dari 50 jutaan.

Walaupun sudah cukup tua, namun faktanya masih banyak yang menggemari mobil ini. Nah, jika anda tertarik, sebaiknya simak dulu beragam kelebihan dan kekurangan honda grand civic berikut ini. Silahkan disimak.

Kelebihan Honda Grand Civic

  • Desain
Keunggulan dan kelebihan grand civic yang utama yang menjadikannya banyak dicari adalah desain atau modelnya. Dengan desain model boxy yang berukuran mini menjadikan mobil ini mudah untuk dipakai ditempat ramai. Selain modelnya, anda juga akan merasakan kenyamanan ketika mengendarai mobil ini. Selain itu bentuk daskboard yang sangat minim lekukan, juga menjadi nilai plus, sebab tidak mengganggu saat anda berkendara.

  • Fitur lumayan lengkap
Dan bicara mengenai fitur, cukup banyak fitur yang terdapat pada mobil ini, mulai dari AC, yang panelnya terletak di tengah-tengah audio dan kisi-kisi AC membuat anda sebagai pengendara mudah untuk menjangkaunya. Fitur-fitur tambahan lainya seperti power steering, power windows, electric mirror serta center lock, juga tersedia.

  • Mesin bisa diandalkan
Selanjutnya beralih ke bagian mesin, Grand civic memberikan kelebihannya dengan menyajikan mesin berkarburator 1.5 liter dengan konfigurasi 4 silinder 16 katub SOHC yang tentunya dapat memompa tenaga sampai 92 HP di putaran mesin 6000 RPM.

Grand Civic menggunakan suspensi double wishbone pada bagian belakang yang terletak di empat titik multilink. Hal itu memberikan kinerja yang cukup baik dalam meredam guncangan ketika anda sedang melewati jalanan rusak ataupun berlubang. Dan pada handling juga cukup bagus untuk menaklukkan tikungan tajam tanpa harus oversteer serta understeer secara berat berkat dari bodi mungil grand civic.

  • Harga spare part terjangkau
Kelebihan lainya lagi yang bisa anda temukan saat memiliki mobil ini ialah mengenai harga sperpartnya yang cukup terjangkau, dan hal tersebutlah yang membedakan dengan mobil-mobil generasi berikutnya. Untuk perawatan mesin karburator pun bisa dibilang cukup mudah sehingga tidak terlalu merepotkan. Tak hanya itu, bila anda ingin melakukan jual beli, Grand civic memiliki harga pasar yang stabil sehingga tidak timbul kerugian yang cukup banyak.

Dan jika anda menyukai jenis mobil lama dan ingin menjadikannya koleksi dengan melakukan modifikasi, hal tersebut tidaklah sulit. Sekarang ini banyak sekali perkumpulan modifikasi Honda Grand Civic yang bisa anda ikuti untuk saling bertukar informasi.

Kekurangan Honda Grand Civic

Untuk masalah kelemahan atau kekurangan Honda Grand Civic sebenarnya tidak terlalu banyak. Hanya ada beberapa poin kekurangan seperti body serta onderdil grand civic mudah keropos bila anda tidak pintar dalam hal perawatan dan pemeliharaan. Lalu pada bagian part kaki-kaki harga termasuk mahal jika dibandingkan dengan competitor lainya. Dan bila anda ingin membeli grand civic dengan kondisi sempurna itu cukup sulit, melihat lamanya tahun pembuatan yang tentunya memberikan pengaruh besar kepada kondisi mobil yang ada.

Nah itu dia kelebihan dan kekurangan Honda Grand Civic yang bisa Mr Gir sajikan. Bila ingin membeli Grand mobil ini, pastikan untuk mengeceknya dengan teliti agar tidak merugikan anda nantinya.

Komentar