Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Kuda

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Kuda - Mitsubishi Kuda merupakan variant mobil untuk keluarga atau yang populer dengan sebutan MPV. Mobil ini mulai diperkenalkan secara global pada tahun 1997. Di Indonesia sendiri, Mitsubishi Kuda baru beredar sekitar tahun 1999 dan tercatat mengalami dua kali masa facelift di tahun 2002 dan 2004.

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Kuda

Kompetiitor utama dari Mitsubishi Kuda adalah Toyota Kijang Kapsul yang merajai pasar kala itu dengan angka penjualan tertinggi, disusul kemudian oleh Isuzu Panther dan Chevrolet Tavera. Tipe yang dikenalkan pada generasi pertama adalah GLX, GLS dan Super Exceed untuk masing-masing mesin berbahan bakar bensin dan diesel.

Pada masa facelift pertama sekaligus menjadi generasi kedua di tahun 2002, penamaan tipe berganti menjadi Deluxe, Diamond serta Grandia. Sedangkan untuk generasi ketiga di tahun 2004, Mitsubishi mengeluarkan varian terakhirnya yakni New Grandia.

Bila dibandingkan dengan kompetitornya, Mitsubishi memiliki ukuran yang terbilang lebih kecil. Dari dua model sasis yang dirilis yakni sasis pendek untuk tipe mesin 1.6 liter dan sasis panjang untuk tipe mesin 2.0 liter, tetap saja tidak terlalu panjang untuk bersaing dengan Toyota Kijang ataupun Isuzu Panther. Sasis panjang ini juga diterapkan pada tipe mesin 2.5 liter diesel.

Ruang kabin yang sempit tetap ada pada mobil ini dari mulai generasi pertama hingga yang terakhir. Perbedaan antara ketiga generasi hanya terdapat pada lampu depan dan belakang serta pada bumper. Saat ini, Mitsubishi Kuda bisa dibeli dengan harga terjangkau mulai dari 45 sampai 70 juta rupiah.

Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Kuda

  • Jenis Mesin : 1.6 liter 4G18 bensin, 2.0 liter 4G63 bensin, 2.5 liter 4D56 diesel.
  • Daya Maksimal : 103 Hp/6.000 rpm (1.6), 114 Hp/5.500 rpm (2.0), 73 Hp/4.200 rpm (2.5).
  • Torsi Maksimal : 107 Nm/3.500 rpm (1.6), 165 Nm/3.000 rpm (2.0), 143 Nm/2.500 rpm (2.5).
  • Tranmisi : Manual 5 speed dan matic 4 speed.
  • Suspensi Depan : Independent Double Wishbone.
  • Suspensi Belakang : Riugid axle / per daun.
  • Tahun Penjualan : 1997 – 2005.
  • Kompetitor : Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther.

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Kuda

Nah, anda tertarik ingin memiliki mobil ini di garasi anda. Jangan terburu-buru, sebaiknya simak dulu beberapa kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Kuda berikut ini.

Kelebihan Mitsubishi Kuda

  1. Tampilan mobil terkesan gagah walaupun dimensinya lebih kecil dibandingkan dengan kompetitornya.
  2. Harga cukup terjangkau.
  3. Sparepart-nya murah, melimpah dan mudah dijumpai.
  4. Tenaga yang dihasilkan dari mesin bertipe bensin cukup besar.
  5. Menghasilkan torsi diatas rata-rata dari tipe mobil yang sejenis.
  6. Tidak berisik untuk tipe mobil yang bermesin diesel.
  7. Mesin mobil bandel, responsif dan juga tangguh.
  8. Visibilitas atau pandangan dari sisi pengemudi cukup luas dan bebas.
  9. Perawatan tidak terlalu sulit.

Kekurangan Mitsubishi Kuda

  1. Kabin sempit untuk semua tipe.
  2. Harga jual merosot jauh dibandingkan harga belinya.
  3. Fitur keselamatan belum memadai.
  4. Kualitas interior kurang bagus.
  5. Tipe mesin diesel tidak dilengkapi dengan turbo.

Berdasarkan ulasan di atas, Mitsubishi kuda masih jauh tertinggal dengan para kompetitornya. Namun untuk urusan performa, mobil ini bisa diandalkan bahkan boleh dibilang juara di kelasnya. Jadi, jika anda penyuka mobil dengan performa mesin tangguh, maka mobil ini layak dipertimbangkan.

Namun begitu, kabin yang sempit mungkin sedikit menjadi kendala bila anda bepergian bersama keluarga dengan membawa banyak barang-barang. Fitur keselamatan yang kurang juga pantas anda pertimbangkan sebelum membeli mobil ini.

Nah, itu dia ulasan singkat mengenai spesifikasi beserta kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Kuda. Semoga bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat.

Komentar