Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Matic

Kali ini Mr Gir tidak akan membahas tentang spsifikasi dari sebuah mobil, tapi lebih tepatnya tentang Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic. Walau keberadaan mobil matic di sambut gembira banyak kalangan, terutama para kaum hawa, namun faktanya tak sedikit yang masih setia dan menyukai mobil dengan tramisi manual. Dan pastinya banyak alasan yang membuat orang berpikir demikian. Akan tetapi, apapun itu alasannya, tetap saja penggemar mobil matic lebih banyak di banding mobil dengan transmisi manual.

Terlebih para pengendara yang tinggal di kota besar, yang setiap hari berangkat dan pulang kerja melewati kemacetan di jalanan ibu kota. Pastinya memiliki mobil matic menjadi kelebihan tersendiri, sebab tidak terlalu capek pindah-pindah gigi, saat terjebak macet.

Apapun itu, faktanya kehadiran mobil matic dengan mode transmisi otomatis-nya merupakan bagian dari kemajuan teknologi di bidang otomotif. Ini merupakan terobosan spektakuler yang sangat memudahkan pengguna dalam berkendara.  Nah, terkait pro kontra terkait kehadiran teknologi ini, berikut kami bagikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan mobil matic, semoga bisa menambah wawasan anda.

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Matic

Kelebihan Mobil Matic

1. Kemudahan Operasional Atau Penggunaan
Salah satu ciri kemajuan teknologi adalah, makin memudahkan pengguna dalam mengoperasikan suatu perangkat. Nah, hal ini dimiliki mobil matic. Kita cukup menggunakan pedal gas dan rem saja karena mobil matic hanya memiliki dua pedal. Kemudahan berkendara ini pula yang menjadi salah satu alasan begitu larisnya jenis mobil yang padat teknologi ini. Tak heran setelah munculnya mobil jenis matic ini banyak ibu-ibu yang semula enggan belajar nyetir, sekarang jadi tertarik untuk menyetir sendiri.

2. Tidak Capek Saat Mengemudi
Karena hanya memainkan pedal gas dan rem saja, Anda tak perlu capek-capek mengemudi dengan kronologis panjang seperti pada mobil manual. Kurangi gas, injak penuh pedal kopling, pindah gigi, lepas kopling dan injak gas sudah tak Anda jumpai lagi pada mobil matic. Bayangkan jika Anda terjebak pada lalu lintas padat merayap bahkan macet seperti yang sering kita alami di kota-kota besar. Tentunya sangat capek bila menggunakan mobil manual, sebab sangat menguras tenaga maupun pikiran kita.

3. Kenyamanan Lebih Terjamin
Karena faktor kemudahan dan tak membikin Anda terlalu lelah dalam perjalanan, pastinya semua orang setuju jika mobil matic sangat terdepan dalam hal kenyamanan berkendara. Siapa pun pastinya ingin merasa nyaman selama perjalanan bukan?

Kekurangan Mobil Matic

1. Tidak Ekonomis Bahan Bakar Minyak (BBM) alias Lebih Boros
Ini merupakan salah satu efek samping dari kecanggihan teknologi transmisi otomatis. Karena putaran mesin yang tak bisa diatur sesuai kebutuhan pengendara, menyebabkan mobil jenis ini menjadi sangat tidak ekonomis alias boros konsumsi bahan bakar jika dibanding dengan mobil transmisi manual.

2. Biaya Perawatan Lebih Mahal dibanding Mobil Manual
Salah satunya adalah frekwensi penggantian oli yang lebih sering. Selain itu, harga-harga spare part mobil matic juga lebih mahal. Dan yang pasti harga beli baru juga lebih mahal. Jadi, sepertinya stiker “Rich Man Use Two Pedals” ada benarnya.

3. Akselerasi Kurang Responsif Dibanding Yang Manual
Karena tak memiliki pedal kopling, mobil matic tak memiliki akselerasi yang cepat dan kurang sigap.

4. Kurang Aman Di Track Turunan
Kebanyakan mobil matic tak memiliki engine brake yang bisa berfungsi sebagai “rem pelapis” selain pedal rem itu sendiri. Cukup beresiko jika berada di track turunan yang panjang kecuali jika handal mengemudi.

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan mobil matic yang bisa Mr Gir ulas. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi yang berguna.

Komentar